Jumat, 25 Maret 2016

Bagian-Bagian Ginjal dan Fungsinya

Mengenal Bagian-Bagian Ginjal dan FungsinyaBagian bagian ginjal dan fungsinya sangat penting untuk diketahui oleh setiap orang agar setiap orang memiliki kesadaran untuk menjaga organ ginjalnya untuk tetap sehat. Sebagai salah satu organ tubuh yang berperan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, ginjal harus benar-benar dijaga agar tidak mengalami gangguan. Saat fungsi ginjal terganggu, seluruh tubuh akan mengalami rasa sakit, karena darah yang bersirkulasi ke organ-organ tubuh kotor. Dan akan bertambah parah bila fungsi ginjal benar-benar berhenti bekerja. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mempelajari mengenai bagian bagian ginjal dan fungsinya. Apa itu ginjal? Semua orang tahu bahwa masing-masing memiliki ginjal, tetapi tidak semua orang tahu apa fungsi ginjal. Ginjal sendiri adalah salah satu organ tubuh manusia yang masuk berfungsi dalam sistem ekskresi atau pembuangan. Dalam sistem ekskresi ginjal bekerja bersama organ lain seperti hati, paru-paru dan juga kulit. Letak ginjal berada pada dinding posterior abdomen, terutama pada daerah lumbal yang terletak di bagian kanan dan kiri tulang belakang. Ginjal terbungkus oleh lapisan lemak yang cukup tebal di bagian belakang peritoneum dan terletak di luar rongga peritoneum.



Pada umumnya ginjal memiliki ukuran kurang lebih 11 cm x 6 cm x 3 cm dan memiliki berat antara 120-170 gram. Posisi ginjal kanan di dalam tubuh pada umumnya agak sedikit lebih rendah dibandingkan dengan ginjal kiri karena pada bagian sebelah kanan, hati memakan tempat cukup banyak. Jumlah ginjal adalah sepasang atau dua, meskipun pada dasarnya manusia hanya membutuhkan satu ginjal untuk kebutuhan sehari-hari. Fungsinya sudah jelas, ginjal berfungsi sebagai penyaring bahan limbah dari darah dan mengeluarkannya bersama urin.

Bagian Utama Ginjal dan Fungsinya

Bagian Utama Ginjal dan FungsinyaUntuk mengenal bagian ginjal lebih jauh, sebaiknya kita lihat gambar diagram bagian utama ginjal disamping terlebih dahulu.
  1. Korteks
Yang pertama adalah korteks, bagian terluar pada ginjal yang terletak antara kapsul ginjal dan juga medula ginjal. Fungsi korteks pada ginjal adalah sebagai pelindung ginjal itu sediri. Di dalam korteks terdapat jutaan nefron yang terdiri dari badan malphigi. Sedangkan badan malphigi itu sendiri tersusun dari glomerulus yang diselimuti oleh kapsula Bowman dan juga beberapa saluran yang terdiri dari tubulus kontortus proksimal, tubulus kontortus distal dan tubulus kontortus kolektivus. Jutaan nefron yang berada pada korteks ini membuat permukaan kapiler ginjal menjadi lebih luas, dan ini mengakibatkan perembesan zat buang pada ginjal menjadi lebih banyak.
  1. Medula
Bagian bagian ginjal dan fungsinya selanjutnya adalah medula atau sumsum ginjal yang bentuknya renal pyramid. Medula adalah tempat berkumpulnya pembuluh darah kapiler dan juga kapsula bowman. Di dalam bagian ginjal ini lah terdapat proses reabsorbsi dan juga augmentasi yang dikerjakan oleh tubulus proksimal dan juga tubulus destal. Selain itu ada lengkung henle yang menjadi bagian penghubung antara tubulus proksimal dan tubulus destal.
  1. Pelvis Renalis
Selanjutnya ada pelvis renalis atau rongga ginjal, yaitu bagian pada ureter yang melebar di bagian proksimal dan terletak di bagian dalam sinus renalis yang menjadi permukaan ureter. Pelvis sendiri adalah tempat penampungan urine dan selanjutnya akan mengalirkan urine ke ureter. Setelah itu urine dari rongga ginjal akan menuju ke kandung kemuh atau vesika urinaria yang dikirim dari ureter. Dan di dalam kandung kemih, urine disimpan untuk sementara waktu sebelum akhirnya urine dikeluarkan dari tubuh melalui uretra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar