Jumat, 25 Maret 2016

Jenis-Jenis Otot Manusia dan Fungsinya



Jenis-jenis otot pada tubuh manusia terbagi atas 3. Diantaranya yaitu otot lurik, otot polos dan otot jantung. Otot sendiri merupakan jaringan dalam tubuh manusia yang berupa alat gerak. Otot dapat menggerakkan tulang hingga tubuh manusia dapat bergerak.
Selain itu, otot juga bekerja secara berelaksasi dan juga berkontraksi. Otot memiliki fungsi untuk melaksanakan dan menjalankan kerja. Contohnya yaitu untuk berjalan, memegang dan juga mengangkat. Tidak hanya itu, otot juga menggerakkan jantung dan mengalirkan darah. Darah yang dialirkan otot dapat terdiri dari oksigen, nutrisi dan zat lainnya.

Jenis – Jenis Otot Manusia

jenis-jenis-otot-manusia-fungsinyaBerikut ini akan membahas lebih dalam lagi mengenai jenis-jenis otot manusia yang ada pada tubuh manusia:
– Otot lurik
Cara kerja otot lurik yaitu dengan menjalankan gerakan yang diperoleh dari sinyal motorik. Sinyal tersebut berasal dari otak. Otot ini bekerja bukan karena reflek karena dibawah kesadaran. Otot lurik juga sering disebut sebagai otot rangka. Pasalnya otot lurik merupakan otot yang menempel di rangka tubuh manusia. Otot ini digunakan dalam pergerakan. Ciri-ciri otot lurik yaitu berbentuk silindris, melekat pada rangka, mudah lelah, bekerja dibawah kesadaran dan memiliki pigmen mioglobin.
– Otot polos
Cara kerja otot polos tidak sama dengan cara kerja dari otot lurik. Dimana otot polos bekerja dibawah rasa tidak sadar. Otot ini pengaruhi oleh sistem syaraf yang tidak sadar ataupun syaraf otonom. Ciri-ciri otot polos yaitu memiliki waktu kontraksi antara 3 hingga 180 detik, bentuknya seperti perahu dan berada di organ dalam. Pergerakan otot ini cukup lambat dan mudah lelah. Otot ini tidak dipengaruhi oleh otak. Biasanya terdapat di bagian usus, saluran kemih dan saluran peredaran darah.
– Otot jantung
Cara kerja otot jantung merupakan gabungan dari cara kerja otot rangka dan otot polos. Dimana otot jantung bekerja secara terus menerus tanpa henti ataupun istirahat. Ciri-ciri otot jantung yaitu berbentuk silindris, terletak di jantung dan memiliki percabangan yaitu disebut sinsitium. Selain itu, otot ini memiliki 1 inti sel yang terletak di tengah, bekerja tanpa berhenti dan terus menerus tanpa kesadaran manusia.

Jenis – Jenis Otot dan Fungsinya

Itulah beberapa jenis-jenis otot dan fungsinya serta cara kerja otot manusia. Untuk jenis gerakan dari otot sendiri yaitu terbagi atas 2 bagian yaitu berlawanan dan bersamaan. Untuk gerak yang berlawanan (antagonis) biasanya meliputi:
– Gerakan meluruskan dan membengkokkan (ekstensor – flensor)
– Gerakan ke bawah dan ke atas (depresor – elevator)
– Gerakan menjatuhkan dan mendekatkan (abduktor – adduktor)
– Gerakan menengadah dan menelungkup (supinator – prenator)
Sedangkan gerak yang bersamaan (sinergis) yaitu otot pronator teres dan kuadrus. Selain itu, berikut ini ada beberapa macam gerak otot manusia yang dapat Anda simak:
– Ekstensi: gerakannya melurus seperti saat meluruskan kaki, ruas jari ataupun siku.
– Depresi: gerakannya menekan atau menurunkan ke bawah.
– Pronasi: gerakannya yaitu memutar seperti memutar lengan saat terlihat menelungkup.
– Abduksi: gerakannya menjauh seperti gerak tungkai yang menjauh dari sumbu tubuh.
– Adduksi: gerakannya mendekat seperti gerak tungkai yang mendekat ke sumbu tubuh.
– Supinasi:gerakannya memutar seperti saat memutar lengan, tangan akan terlihat menengadah.
– Fleksi: gerakannya seperti membengkokkan. Contohnya yaitu saat membengkokkan lutut, siku dan ruas jari.
Itulah sedikit ulasan yang membahas mengenai jenis-jenis otot, cara kerjanya serta gerakannya pada tubuh manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar